10menit

Keep Fighting & Win

PT. BERCA Hardayaperkasa

Sejak berdirinya pada tahun 1990, PT. Berca Hardayaperkasa (BHP) telah menjadi salah satu penyedia terkemuka Informasi Enterprise & Communication Technology (IT), Komunikasi (Telecommunication Pengukuran & Infrastructure / TMI & Jaringan Service Provider / NSP) dan Uji & Pengukuran (T & M) solusi di Indonesia. BHP juga didukung oleh kepala sekolah lain dan terus unggul dalam memberikan solusi ICT yang efisien, dari sistem hardware untuk solusi dan layanan total, menjadi lebih dari 500 perusahaan dari berbagai disiplin ilmu industri nasional.

Dalam 5 tahun terakhir BHP telah terdaftar pertumbuhan yang luar biasa dengan pembentukan unit bisnis strategis Berca Consulting Service, Berca Cakra Teknologi (dengan merek sendiri komputer Relion), Berca Sistem Integrator, Berca Consulting Services, Berca TMI (Telecommunication Pengukuran & Infrastructure) dan Berca Jasatel (Pelayanan Terpadu Telematika).

Berbasis di Jakarta dengan kantor perwakilan di Bandung, Surabaya, Balikpapan, Batam, Yogyakarta, Riau, dan akan segera membuka di Bali & Solo, kegiatan bisnis inti BHP adalah untuk menyediakan layanan komputasi sistem, konsultan IT, teknologi & layanan komunikasi, dan T & M produk dan layanan untuk perusahaan.

Hari BHP mempekerjakan lebih dari 500 Profesional TIK, memuaskan tuntutan yang semakin kompleks dari berbagai industri, termasuk manufaktur, ritel dan distribusi, komunikasi, jasa keuangan, sumber daya bumi, utilitas dan sektor pemerintah terkait.

Berca Hardayaperkasa,

Membantu Anda memulai, membuat dan memfasilitasi perubahan yang diperlukan, tidak hanya dengan cara teknologi !! Belajar dan menemukan apa yang kita maksud dengan ‘beyond Technology !!’

Visi PT. Berca Hardayaperkasa

 Perusahaan terbaik untuk bekerja dengan pekerjaan yang menantang dan bermanfaat. Perusahaan terbaik untuk membeli dari untuk produk-produk berkualitas dan komitmen pelayanan.Perusahaan terbaik untuk bersaing dengan hormat dan kredibilitas. Perusahaan terbaik untuk berinvestasi dalam untuk kembali dan reputasi yang baik. Perusahaan terbaik untuk bekerja sama dalam kemitraan untuk keberlanjutan dan profesionalisme.

Berca Hardayaperkasa

Untuk menjadi perusahaan terkemuka dan paling terkemuka dalam informasi, komunikasi dan teknologi pengukuran dengan memberikan yang terbaik nilai tambah produk dan jasa untuk mencapai kepuasan pelanggan tertinggi berdasarkan hubungan baik dan menguntungkan dengan mitra bisnis kami.

Integrasi sistem

Berca Sistem Integrasi adalah Strategic Business Unit di BHP yang menyediakan hardware, solusi dan layanan TI (Teknologi Informasi).

  •  System Integration Services
  • Hardware/Software Provider
  • Solution Services
  • Industry Solution Services,
  • System Re-Architect / System Consolidation Solution
  • Outsourcing
  • Maintenance
  • System Support
  • Security Services
  • Network Design
  • Implementation Services
  • Relocation Services
  • DRC (Disaster Recovery Centre) Services.

Berca Sistem Integrasi berkomitmen untuk memberikan solusi kelas dunia berdasarkan praktik terbaik untuk menyediakan implementasi dan referensi situs terbukti.

SCOPE OF BUSINESS
NETWORK SERVICE PROVIDER [NSP]

NSP Consulting adalah salah satu divisi SI yang mengkhususkan diri dalam memberikan solusi mobile atau solusi untuk Service Network Provider (NSP) dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Layanan Solusi meliputi :

 

  • OSS & BSS Solution such as: Fault Management, Service Quality Management (SQM),
  • Resource Management, CRM, Revenue Assurance.
  • Value Added Services such as: Content Management Solution,
  • Messaging Solution, 3G Service Solution, Roaming Solution
  • Product Development & Outsourcing Services: Barcode Reporting Solution, Application
  • Outsourcing and others.

SI Layanan Jaringan Divisi Provider berkomitmen untuk selalu memperbarui dan beradaptasi dengan teknologi / tren terbaru di bidang telekomunikasi dan berkolaborasi dengan yang terbaik di kelas vendor OEM dengan pengalaman yang luas dalam memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan dari pengetahuan, pengalaman dan dukungan penuh.

  FINANCIAL SERVICES INDUSTRY

Jasa Keuangan Industri (FSI) divisi berfokus pada solusi / perbankan keuangan, seperti

 

  • Business Intelligence on Banking Industry
  • AML (Anti Money Laundering)
  • Risk Management
  • e-Knowledge Management
  • Security System

COMMERCIAL / MANUFACTURING

BHP telah berfokus industri horisontal, Commercial & Manufaktur selama 15 tahun terakhir dan mereka telah menghasilkan bisnis yang menguntungkan dengan semua tantangan.

 Divisi Bisnis Komersial (CBD) fokus pada perusahaan manufaktur, Ritel dan Distribusi. Kami menyediakan solusi ujung ke ujung terutama di Infrastruktur IT untuk mendukung kebutuhan pelanggan untuk otomatisasi kantor. Bersama dengan Berca Consulting Service, kami juga menyediakan solusi total untukEnterprise Resources Planning (ERP)

 

  • Enterprise Resources Planning (ERP)
  • Supply Chain Management (SCM)
  • Business Intelligent (BI). 

ERP solusi / SCM memainkan sentuhan yang sangat penting bagi pelanggan kami.

 Teknologi Baru solusi infrastruktur seperti harga / kinerja, terbaik berkembang biak, Unix Server, Intel Server, SAN (Storage Area Network) & desain arsitektur waktu-ke-pasar yang sangat akan di tangan-tangan dengan pertumbuhan pelanggan.

Infrastruktur lain kita telah didedikasikan untuk, setidaknya dalam 5 tahun terakhir untuk WAN-VPN mampu menggantikan yang lama-fashion telepon dengan tiga-in-satu paket (Suara-Data-Video) di Pre-WiMAX & WiMAX solusi BWA (broad-band Wireless Access).

  BUMI RESOURCES INDUSTRI

 Solusi ERP / SCM tetap lestari dan ke depan, seiring waktu bisnis minyak bumi dan pertambangan pelanggan kami berjalan-oleh. Tren outsourcing telah diantisipasi oleh kami.

Kami telah menyediakan layanan full-blown seperti skema sewa / leasing, konstruksi pusat data & outsourcing, hangat-badan outsourcing, BPO (Business Process Outsourcing) dan jasa relokasi.

 Mereka berada di baik-cocok melengkapi dengan pertumbuhan kebutuhan kursi-manajemen, rentang cakupan melalui situs remote dengan menjadi jaringan dengan negara-of-art, Pre-WiMAX & WiMAX berbasis WAN / VPN. Dalam perjalanan panjang selama lebih dari 30 tahun kami telah dikhususkan untuk Bumi Resources Industri dengan solusi scalable & kuat.

Yaitu perusahaan milik negara, usaha patungan dan perusahaan asing, kebanyakan dari mereka adalah pelanggan kami.

 OUTSOURCING

Hari ini tantangan yang kompleks di mana persaingan begitu ketat membuat perusahaan memilih untuk fokus pada bisnis inti mereka dan mempertimbangkan outsourcing untuk pengurangan biaya dan sumber informasi gratis internal usaha yang lebih strategis.

BHP menyadari kebutuhan ini dan menyediakan Teknologi Informasi outsourcing. Kami menyediakan berbagai layanan jasa teknologi informasi dalam dibundel ke dalam kontrak outsourcing perusahaan terintegrasi.

 Integrated Portofolio Teknologi Informasi Outsourcing

  • Single price per seat service contract for PC, Notebook, Printer & Server
  • Desktop Management & Technical Support Services
    Management Solution for provide dedicated resources in supporting Information Technology operations
  • Service Desk & IT Service Management
    Single point of contact for our customer to handle IT problem and incident resolution with excellent IT service management
  • Data Center & Related Services
    Data Center Relocation Service, Data Center Site Implementation Service, Data Center Operational Service
  • Disaster Recovery Center & Related Services
    Disaster Recovery continuity consulting services, Disaster Recovery Implementation Service, Disaster Recovery Operational Service

 Pada per 2007, PT. Berca Hardayaperkasa (BHP) Grup telah kokoh bertekad untuk mengatasi sektor yang sangat menguntungkan & menantang yang Pemerintah & Sektor Publik (PNB).

 GNPs sebagaimana telah diakui, sebagai Sektor yang dikuasai oleh Pemerintah untuk mendistribusikan pengeluaran terbesar negara terpusat & decentralizedly. Pemerintah baik Pusat dan Pemerintah Daerah, The Prime Mover Ekonomi Nasional di Indonesia.

Jika Pemerintah tidak mengeluarkan, berarti perekonomian Indonesia yang runtuh.

Oleh karena itu BHP telah baik-siap untuk strategis fokus pada & bersinergi menyelaraskan nya perusahaan yang beroperasi, unit bisnis strategis, divisi dan direktorat untuk menembus & ambil kesempatan ini berbaring-the-road.

Seperti semua ada dalam Team, kami telah menawarkan kepada prospek & pelanggan di GNPs sebagai berikut

System Integration
kami memiliki pengalaman panjang-panjang & mendalam untuk mengintegrasikan terbaik di kelasnya, berdasarkan best-of-breed, kelas dunia solusi & produk, dimulai dari

 

  • Server
  • PC
  • Storage
  • Infrastructure (LAN-WAN-VPN for online-realtime)
  • SAN
  • Data Centre
  • DRC
  • Network Management
  • Peripherals
  • Database
  • Operating System
  • Application
  • and related-services, solution & consultancy.

 

 

Broad-range of Services & Solutions 

 

  • System Integration
  • Outsourcing
  • Consultancy
  • Maintenance
  • ERP/SCM
  • Human Capital Management
  • Document Imaging
  • Business Inteligence / Dataware House
  • Applications Development in partnership
  • Architect / System Consolidation Design & Consultancy
  • Relocation Services
  • DRC Services
  • Implementation & Maintenance Services.

 

 

Mereka 2 di atas deskripsi adalah kombinasi yang sangat kuat dari beberapa operasi perusahaan / direktorat / unit bisnis strategis / divisi di bawah BHP Group yang penuh dedikasi akan mengabdikan untuk melayani pelanggan kami di GNPs dalam sangat difokuskan, pendekatan yang konsisten & berkelanjutan.

Mereka terdiri dari Direktorat Sistem Integrasi, Direktorat Pelayanan Konsultasi, Direktorat TMI (Manajemen Telekomunikasi & Infrastruktur), Berca JASATEL (Jasa Terpadu Telematika), Berca Cakra Teknologi (BCT), Berca Computel dan Berca Perkasa Mandiri (BPM).

Proyek References

Sebagai perusahaan tumbuh secara organik, mereka juga perlu terobosan untuk mengubah secara mendasar, strategis & holistik dari kesepakatan normatif menjadi kesepakatan / royek-proyek strategis & berkesinambungan.

Dari kesepakatan marjinal untuk menguntungkan kesepakatan dalam proyek. Seiring dengan berjalannya waktu, BHP telah dicapai beberapa terobosan  baik dalam IT dan CT, dari  Hardware vendor menjadi solusi yang kompleks; pertumbuhan organik & anorganik secara bersamaan harus bergerak maju.

SYSTEM INTEGRATION [S I]
N S P [ Network Service Provider ]

·         Indosat

·         Telkomsel

·         Telkom

·         Exelcomindo

·         Alcatel

F S I [ Financial Services Industry ]

·         BRI

·         BCA

·         BNI

·         Bank Danamon

·         Bank Syariah Mandiri

·         Bank Mandiri

·         Bank Permata

·         Bank Indonesia

Manufacturing / Commercial

·         Tjiwi Kimia

·         Sharp Yasonta

·         Indah Kiat

·         Coca Cola Bottling Indonesia

·         Charoen Pokphand

·         Ultra Prima Abadi

·         Riau Andalan Pulp & Paper

·         Indomobil Suzuki International

·         Perfetty Van Melle

·         Sayap Mas Utama

ERI (Earth Resources Industry)

·         Freeport

·         Newmont

·         Pama Persada Nusantara

·         Kaltim Prima Coal

·         Timah

·         Caltex Pacific Indonesia

·         Chevron Indonesia

·         Santos

·         Amerada Hess

·         VICO

·         Bumi Resource

·         Premier Oil

·         Total Indonesie

·         Pertamina

·         Unocal

·         Adaro

GOVERNMENT

·         Ditjen Pajak

·         Departemen Keuangan

·         Departemen Kelautan dan Perikanan

·         Ditjen Bea dan Cukai

CONSULTING SERVICE

·         Semen Gresik

·         Lafarge

·         PetroChina

·         Caltex

·         Dharma Henwa

·         Gistex

·         Timezone

·         Bogasari Flour Mills

·         Jasuindo

·         Unisraya

·         Thiess

·         BNI

·         Bank Permata

·         John Lang Lasalle

·         Orix Finance

·         Adira Insurance
TMI and JASATEL

·     ALCATEL: Drive Test Measurement for Jabotabek and Kalimantan area for Indosat GSM

·    TELKOM FLEXI: CDMA Network Audit and Optimization.

·     INDOSAT: Procurement, Installation and Testing of GSM and CDMA Repeater

·     EXCELCOMINDO: GSM Network Benchmarking.

·     INDOSAT: GSM Network Benchmarking

BERCA CAKRA TEKNOLOGI

·         PLN

·         Panasia

·         Detik.com

·         Pegadaian

·         Wicaksana

·         Perum Pegadaian

·         PT. Posindo

·         Mabes TNI

·         PT TASPEN

·         PEMPROV DKI

·         Multi Finance

·         Bank Mega

Tujuan Analisa

Tujuan analisa ini adalah:

 

  • Mendapatkan gambaran tentang tingkat kepuasan kerja karyawan.
  • Mendapatkan identifikasi terhadap permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan tingkat kepuasan kerja karyawan.
  • Memberikan saran penyempurnaan atas sistem dan pelaksanaan manajemen SDM perusahaan. 

Metode Analisa

Analisa ini dilaksanakan pada April – Juni 2000, di kantor pusat BHP di Jakarta. Metodologi analisa yang digunakan adalah melalui survey, dengan menggunakan dua alat yaitu kuesioner dan wawancara. Kedua metode di atas dipilih karena sifatnya yang obyektif dan efisien. Melalui metode kuesioner diharapkan didapat data yang kuantitatif dan obyektif, sedangkan bias yang mungkin timbul dari metode ini dapat diverifikasi melalui wawancara terhadap responden. Metode ini meliputi :

 

  • Pengumpulan data primer dilakukan melalui pengisian kuesioner terhadap karyawan di tiap golongan dan kelompok fungsional manajemen. Pengumpulan data melalui Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. BHP.

 

Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. BHP

kuesioner dilakukan untuk seluruh anggota populasi, 117 orang, melalui penyebaran kuesioner dengan daftar isian pertanyaan yang sama.

 

  • Pengumpulan data primer melalui wawancara terhadap responden terpilih di tiap kelompok  fungsional.
  • Pengumpulan data sekunder melalui studi pustaka.

 

Dalam survey ini, terutama didasarkan pada konsep Human Resource Index (HRI) yang disusun oleh Frederick E. Schuster (1979). Dan beberapa bagian yang berkaitan dengan sistem imbal jasa, training dan jalur karir diadopsi dari desain kuesioner Survey Karyawan BHP 1997. Sebagai variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan kerja karyawan yang diukur berdasarkan hubungannya terhadap 15 buah variabel independen terpilih.

Variabel-variabel independen tersebut adalah:

 

  • Sistem imbal jasa
  • Komunikasi
  • Efektivitas Organisasi
  • Perhatian Terhadap Karyawan
  • Sasaran Organisasi
  • Kerjasama
  • Kepuasan Intrinsik
  • Struktur Organisasi & Jalur Karir
  • Hubungan
  • Iklim Organisasi/Lingkungan Kerja
  • Partisipasi
  • Kelompok Kerja
  • Kerjasama Antar Kelompok Kerja
  • Pelatihan dan Pengembangan
  • Kualitas Manajemen

 

Metode pengukuran terhadap masing-masing variabel pengaruh (independent variable) adalah dengan melakukan skoring terhadap 64 pertanyaan yang diberikan kepada responden.

Hasil skoring tersebut diolah lebih lanjut dengan analisa kuantitatif, yaitu statistika deskriptif.

Analisis terhadap hasil pengukuran di atas kemudian diperkaya dengan hasil wawancara terhadap sejumlah responden terpilih. Keseluruhan hasil pengolahan data tersebut kemudian diintepretasikan sesuai dengan tujuan survey ini.

 Pembahasan

Standar penilaian yang digunakan dalam survey ini menggunakan skala Human Resource Index (HRI) yang berkisar antara level 1 hingga 5. Level 1 menunjukkan tingkat yang buruk secara moril (demoralized), Level 2 berarti tidak mendukung (under-utilized), Level 3 adalah kondisi rata-rata atau standar (marginal), Level 4 merupakan kondisi yang mendukung secara efektif (effective) dan Level 5 menunjuk pada tingkat yang menghasilkan komitmen penuh dan secara efektif mendukung usaha-usaha organisasi (fully committed and utilized).

 Karakteristik responden

Berdasarkan deskripsi karakteristik responden pada Lampiran A, diketahui bahwa 71% karyawan BHP memberikan opininya. Distribusi responden tersebar merata berdasarkan kelompok fungsional, status karyawan, gender dan masa kerja. Kedua hal ini menunjukkan bahwa kuantitas data sampel terkumpul telah memenuhi kualifikasi untuk diolah secara statistik.

Graf

 

Gambar 1 menunjukkan bahwa secara umum karyawan BHP memiliki pandangan yang positif terhadap sistem dan pelaksanaan manajemen secara keseluruhan dan secara khusus manajemen SDM perusahaan. Ini memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan kerja karyawan yang juga berada di atas rata-rata. Hal ini dapat dilihat dari penilaian yang diberikan, yaitu total HRI sebesar 3,55, yang secara signifikan adalah berada di atas rata-rata.

Faktor pertama, yaitu Sistem Imbal Jasa, merupakan faktor yang mengukur program imbal jasa secara keseluruhan, meliputi gaji, tunjangan dan benefit yang diberikan perusahaan. Karyawan memberikan penilaian rata-rata sebesar 3,35 untuk faktor ini. Ini menunjukkan bahwa karyawan memandang perusahaan telah berlaku cukup adil dalam memberikan imbal jasa. Hal ini ditunjang dengan fakta survey penggajian (salary survey) Gambar 1: Grafik Total HRI BHP Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. BHP bahwa sistem imbal jasa di BHP berada sedikit di atas rata-rata yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan teknologi informasi di Indonesia.

 Faktor kedua, Komunikasi, mengukur kualitas aliran dan distribusi informasi diantara seluruh karyawan. Respon karyawan terhadap faktor ini menunjukkan hasil yang positif yaitu berada di atas rata-rata. Hal ini berarti bahwa komunikasi diantara karyawan BHP telah berlangsung dengan cukup baik ditinjau dari segi kualitas distribusi informasi.

 Faktor ketiga, Efektifitas Organisasi. Faktor ini berkaitan dengan pengukuran terhadap tingkat kepercayaan karyawan bahwa perusahaan mampu mencapai tujuan dan sasarannya. BHP dinilai berada di atas rata-rata untuk faktor ini dengan tingkat penilaian yang cukup signifikan, yaitu sebesar 3,65. Hal ini menggambarkan bahwa secara umum karyawan menilai bahwa kualitas sumber daya manusia perusahaan adalah tinggi serta digunakan secara maksimum untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Selain itu hasil di atas juga

memberikan informasi bahwa keputusan di setiap tingkatan manajerial adalah didasarkan pada data-data yang akurat, lengkap dan etis.

 Faktor keempat adalah Perhatian Terhadap Karyawan. Faktor ini secara khusus mengukur tingkat perhatian perusahaan terhadap karyawannya. Penilaian sebesar 3,53 merupakan penilaian yang secara signifikan berada di atas rata-rata. Dengan demikian perusahaan dinilai cukup memiliki komitmen terhadap kesejahteraan dan keberhasilan karyawan. Faktor kelima, Sasaran Organisasi, mengukur persepsi tiap-tiap karyawan terhadap tujuan dan sasaran perusahaan. Bagian ini memeriksa apakah perusahaan memiliki sasaran yang jelas, dapat dipahami dan dapat dibanggakan oleh karyawan, serta apakah mereka merasa menjadi bagian daripadanya. Penilaian terhadap faktor ini menunjukkan bahwa karyawan BHP memiliki pemahaman yang cukup terhadap tujuan dan sasaran perusahaan serta ikut berpartisipasi aktif dalam usaha pencapaiannya. Faktor berikutnya, keenam, yaitu Kerjasama, mengukur secara khusus kemampuan karyawan untuk bekerja sama secara efektif dalam mencapai tujuan bersama. Angka penilaian sebesar 3,53 memberikan gambaran bahwa karyawan BHP digolongkan sebagai karyawan yang mampu bekerja sama dan saling mendukung.

 Faktor ketujuh, Kepuasan Intrinsik, adalah faktor yang mengukur tingkat penghargaan yang diterima karyawan berdasarkan pekerjaannya. Hal ini meliputi prestasi kerja yang memuaskan dan adanya kemajuan dalam pengembangan kompetensi diri. Hasil penilaian yang jauh di atas-rata-rata memberikan gambaran yang positif bahwa karyawan merasa Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. BHP  pekerjaannya cukup menarik dan memberikan tantangan. Selain itu karyawan juga merasakan adanya kesempatan untuk maju secara kreatif dan mengekspresikan diri dengan baik. Faktor kedelapan adalah Struktur Organisasi dan Jalur Karir. Faktor ini berkaitan dengan peraturan organisasi, prosedur kerja, struktur organisasi, tingkat kewenangan dan tanggung jawab, serta jalur karir yang ada. Penilaian terhadap faktor ini menunjukkan bahwa peraturan dan prosedur kerja yang berlaku di perusahaan dapat diterima dengan baik. Demikian pula terhadap distribusi tanggung jawab dan kewenangan yang diberikan. Selain itu, mengenai jalur karir, secara umum karyawan memiliki persepsi yang cukup baik. Namun  demikian, hasil wawancara menyebutkan bahwa sebagian karyawan merasa tidak cukup mendapat informasi tentang perubahan-perubahan struktur yang terjadi.

Faktor kesembilan, Hubungan, mengukur kualitas hubungan antar karyawan perusahaan. Faktor ini berkaitan dengan bagaimana tiap karyawan bersikap dan membina hubungan dengan mitra kerjanya. Hasil yang dicapai oleh BHP untuk faktor ini adalah cukup tinggi, yaitu berada di level 3,70. Hasil yang positif ini menunjukkan bahwa tiap-tiap karyawan merasa senang untuk bekerja sama dengan rekan kerjanya.

  Faktor berikut adalah Iklim Organisasi dan Lingkungan Kerja. Faktor ini menghimpun opini karyawan terhadap apakah lingkungan kerjanya telah memberikan kenyamanan dan dukungan yang memadai untuk bekerja dengan baik. Dalam hal ini penilaian karyawan menunjukkan bahwa sarana dan fasilitas yang ada cukup memadai dan demikian pula dengan dukungan moril pihak atasan yang dirasakan positif. Hal lain adalah tentang bagaimana karyawan bersikap terhadap adanya konflik. Sebagian besar responden memandang bahwa konflik yang terjadi adalah berada pada batas-batas kewajaran dan tidak merusak hubungan pribadi atau mengganggu pencapaian sasaran kerja. Berikutnya, faktor Partisipasi, mengukur tingkat kesempatan setiap karyawan untuk dapat terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Termasuk di dalamnya keterlibatan dalam memberikan gagasan, mendapat informasi yang cukup dan terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan. Faktor ini mendapat penilaian yang berkisar pada rata-rata (3,23) dan merupakan faktor yang mendapat penilaian terendah dibanding faktor-faktor yang lain. Hal ini merupakan salah satu persoalan yang harus mendapat perhatian dari perusahaan.

 Faktor Kelompok Kerja, mengukur kemampuan karyawan untuk bekerja sama dengan rekan kerja langsungnya (tim/kelompok). Hasil yang didapat melalui survey adalah sangat positif, yaitu mendekati efektif (Level 4), selain itu faktor ini merupakan faktor yang mendapat penilaian tertinggi diantara faktor-faktor lainnya. Karyawan secara umum Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Di PT. digambarkan memiliki tingkat kerjasama yang tinggi dan tidak memilki faktor-faktor penghambat seperti konflik yang merusak.

 Faktor ketiga belas, Kerjasama Antar Kelompok Kerja, mengukur kemampuan karyawan untuk bekerja sama dengan kelompok kerja yang terpisah, baik secara fungsional maupun secara struktural. Survey menunjukkan bahwa kerjasama antar kelompok berada pada tingkat yang cukup baik. Karyawan secara umum bersikap positif terhadap kelompok kerja yang lain dan demikian pula terhadap pelaksanaan kerja sama lintas fungsional. Faktor Pelatihan dan Pengembangan, merupakan faktor yang mengukur komitmen perusahaan terhadap pengembangan kualitas karyawan dan sekaligus kemampuan atasan untuk memberikan pelatihan dan pengarahan. BHP terlihat mendapat penilaian yang cukup tinggi dalam faktor ini. Hal ini menunjukkan salah satu kekuatan yang dimiliki perusahaan.

Faktor terakhir, Kualitas Manajemen, mengukur tingkat kepercayaan karyawan terhadap kualitas kompetensi dan integritas para atasan di tingkat menengah maupun puncak. Untuk faktor ini, karyawan memberikan apresiasi yang positif. Secara umum karyawan melihat atasan memiliki perhatian yang seimbang terhadap kesejahteraan karyawan dan produktifitas kerjanya. Selain itu karyawan menilai bahwa atasan cukup dapat dipercaya karena memiliki kemampuan kerja yang tinggi.

 Sistem Informasi Analisis Terhadap Kelompok Fungsional Manajemen (MIS)

Terhadap penilaian kualitas sistem dan pelaksanaan manajemen di bagian mis pada diberikan hasilnya menunjukkan bahwa beroperasi umum kualitas manajemen di bagian mis adalah berada di differences rata-rata. Faktor pelatihan dan pengembangan kelompok kerja dan hubungan merupakan faktor yang mendapat penilaian sangat tinggi, yaitu berturut-turut  contoh 4,30, 4,28 dan 4,17, sehingga dapat digolongkan berada pada tingkat efektif dan sangat memuaskan. faktor partisipasi merupakan faktor terendah berada pada tingkat 3,26.

Analisis Terhadap Kelompok Fungsional HRD & General Affairs (HG)

Memberikan hasil temuan sistem menu terhadap kualitas manajemen di bagian hg. Penilaian yang diberikan terhadap setiap faktor beroperasi umum menunjukkan bahwa kualitas manajemen di bagian hg adalah di differences rata-rata dan memuaskan. penilaian tertinggi diberikan terhadap faktor kualitas kerja yang berada di tingkat efektif (4,10). sedangkan penilaian terendah terletak pada faktor kerjasama antar kelompok kerja (3,23). khusus permasalahan yang teridentifikasi pada faktor kerjasama antar kelompok kerja adalah berkaitan dengan koordinasi dengan bagian berbaring yang tidak berjalan dengan baik, dimana bagian hg (khususnya general affairs) merasa mendapat under kerja yang berlebih. hal inisial dapat terjadi mengingat bagian suami merupakan kelompok kerja yang berfungsi mendukung optimalisasi kerja bagian lain.

Analisis Terhadap Kelompok Fungsional Consulting (CS)

memberikan informasi tentang kualitas manajemen di bagian cs. hasil yang ditunjukkannya memberikan gambaran umum bahwa sistem dan pelaksanaan manajemen di cs adalah di differences tingkat rata-rata dan cukup memuaskan. namun demikian penilaian di hampir seluruh faktor menunjukkan tingkat yang hobi rendah dibanding yang dicapai perusahaan. nilai tertinggi pãda didapatkan faktor kelompok kerja, sedangkan nilai terendah berada pãda faktor partisipasi dan kerjasama antar kelompok. penilaian terhadap faktor kerjasama antar kelompok yang berkisar tingkat pada rata-rata dapat dipahami karena bagian suami relatif yang TUBINDO terhadap bagian lain. survei tingkat kepuasan kerja karyawan di PT. BHP

 Analisis Terhadap Kelompok Fungsional Uji dan Pengukuran Instrumentasi (TMI)

gambaran tentang kualitas manajemen di bagian tmi, sebagaimana ditunjukkan sangat baik dan memuaskan. hampir seluruh faktor berada pada tingkat yang mendekati efektif dan berada di differences tingkat yang dicapai perusahaan. beberapa faktor positif yang perlu mendapat perhatian adalah faktor hubungan, kepuasan intrinsik, kelompok kerja dan kerjasama antar kelompok kerja.

Analisis Berdasarkan Status Karyawan 

karyawan dengan status differences memiliki persepsi terhadap kualitas manajemen perusahaan yang hobi positif dibanding karyawan dengan status kontrak. namun demikian beroperasi umum keduanya memberikan penilaian di differences rata-rata dan memuaskan. hasil suami hasil temuan merupakan yang positif, terlebih dengan mengetahui perbedaan hasil temuan bahwa penilaian diantara keduanya tidaklah terpaut jauh.

Analisis Berdasarkan Lama Kerja

memberikan gambaran bahwa semakin lama masa kerja karyawan maka tingkat penilaiannya terhadap kualitas manajemen adalah semakin menurun.  data bahwa karyawan yang bekerja kurang dari 1 tahun memberikan penilaian yang cukup tinggi, yaitu sebesar 3,83, sedangkan telah bekerja lebih dari 10 tahun memberikan penilaian yang rendah yaitu pada tingkat 2,37. hasil karyawan dapat menjadi indikasi bahwa telah terjadi penurunan tingkat kepuasan kerja pada karyawan, seiring bertambahnya masa kerja dengan. perhatian beroperasi khusus dapat diberikan pada faktor-faktor komunikasi, efektifitas organisasi, organisasi serta sasaran,  kerjasama, intrinsik kepuasan, hubungan. beroperasi umum

 Nama : Ahmad Fauzi

NPM : 1A113011

Teori Organisasi Umum

Daftar Pustaka atau Sumber.

 http://www.berca.co.id/

 Wibowo, Wahyudi. Survey Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Berca Hardaya Perkasa. Laporan Kerja Praktek di Sekolah Tinggi Manajemen, Jakarta, 2000. Tidak

diterbitkan.

 PT.Berca Hardayaperkasa. Enter The next Challenge. Jakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

facebook

Masukkan user kamu

Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

Link Gunadarma

info penginapan wilayah Jakarta

Music R&B

Alexa Certified Traffic Ranking for https://10menit.wordpress.com/

Status

  • 286,143 hits

Tag

Desember 2016
S M S S R K J
« Okt    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Commentar

Finsa di Kost Kostan
%d blogger menyukai ini: