10menit

Dream do come true?

Ahmad Fauzi

1A113011

2KA25

 PT Metrodata Electronics, Tbk.

Metrodata Electronics, Tbk (“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 sebagai salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah di bidang TIK sejak tahun 1975. Sejak didirikan, Perseroan sempat mengalami perubahan nama beberapa kali dan terakhir pada tanggal 28 Maret 1991 namanya diubah menjadi PT. Metrodata Electronics, Tbk sampai sekarang.Pada tanggal 14 Februari 1990, Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX: MTDL) sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan modal kerja dan modal investasi dan juga dalam usaha untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat ikut ambil bagian dalam perkembangan Perseroan.

Saat ini Perseroan bermitra dengan perusahaan TIK kelas dunia, di antaranya Adobe, Alcatel-Lucent, APC, ASUS, Alaric, Autodesk, Avaya, Blue Coat, BMC Software, Check Point, Cisco, Citrix, DELL, EMC, Emerson Network Power, EPSON, F5, FalconStor, Fujitsu, Fortinet, Huawei, Hitachi Data Systems, Hewlett-Packard, IBM, Infor, Infoblox, Juniper, K2, Lenovo, Microsoft, NetApp, Nucleus Software, OrangE, Oracle, Panasonic, Pearson VUE, Prometric, Q1 labs, RSA Security, Riverbed, SAP, Samsung, Salesforce.com, Solarwinds, webMethods, Sony, Symantec, TCS Bancs, Trend Micro, VMware, Vision Solutions, dan ZTE.

Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun di bidang TIK, METRODATA selalu menyertai perjalanan bisnis para pelanggannya. Tangan-tangan profesional setiap karyawan METRODATA terus berkarya menghasilkan inovasi untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

Sejalan dengan perkembangan bisnis, Perseroan melakukan terobosan melalui usaha patungan maupun pendirian anak usaha. Di tahun 2008, Perseroan mengakuisisi Soltius Asia Pte Ltd, yang merupakan perusahaan konsultan SAP yang sudah mapan. Soltius Asia Pte Ltd adalah pemilik PT. Soltius Indonesia yang kini telah menjadi salah satu entitas anak Perseroan dalam kelompok METRODATA.

Perseroan juga membeli sebesar 37,21% kepemilikan saham PT. Xerindo Teknologi, sebuah perusahaan dengan keahlian di bidang perencanaan radio, instalasi, pengujian/commisioning, perawatan dan sebagainya.

Pada tanggal 28 Januari 2011, Perseroan mendirikan entitas anak yaitu PT. My Icon Technology yang memiliki bidang usaha utama yaitu Information & Communication Technology Retail (ICT Retail) meliputi modern store, e-commerce dan shop in shop dengan menyediakan produk-produk ICT secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.

Pada tanggal 26 September 2011, Perseroan melakukan pengembangan bisnis melalui usaha patungan dengan Synnex Technology International Corp (Synnex), sebuah perusahaan Taiwan. Synnex merupakan pemain ketiga terbesar di dunia (dan terbesar di Asia) dalam bisnis distribusi produk teknologi informasi komunikasi.

Pada tanggal 4 Januari 2012, Perseroan mendirikan PT. Logicalis Metrodata Indonesia sebagai usaha patungan dengan Logicalis Singapore Pte Ltd. Usaha patungan ini memiliki usaha utama solusi dan jasa yang terintegrasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi khususnya di bidang solusi dan jasa jaringan.

Visi & Misi

Sebagaimana umumnya perusahaan-perusahaanyang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkat prinsip panduan yang menjadi acuan bagi manajemen maupun karyawan dalam mengembangkan strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut:

Visi Perseroan

Memaksimalkan nilai bagi pemangku kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.

Budaya Perusahaan 

Bagi METRODATA budaya perusahaan bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.

Budaya Perusahaan terutama sangat penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan unggul.

Efektif sejak 1 Januari 2013, METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar utama—Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship— beserta LIMA BELAS prinsip tindakan.

PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS

Integritas adalah konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.

Perusahaan yang tidak memiliki integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena itu nilai ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan diamalkan oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah satu praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Prinsip-prinsip Integritas dalam tindakan:
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan

PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME

Profesionalisme adalah sikap, perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi tantangan dan mensukseskan Perseroan.

Ketika menggunakan produk-produk dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas pelayanan yang terbaik dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan mereka. Karena itu setiap karyawan METRODATA dituntut untuk senantiasa profesional.

Prinsip-prinsip Profesionalisme dalam tindakan:
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan

PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP

Entrepreneurship adalah semangat dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola hubungan yang harmonis antar pemangku kepentingan.

Perusahaan yang akan unggul dan langgeng dimasa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang berjiwa entrepreneur. Tanpa energi entrepreneurship, sebuah perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam menjadi tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.

Prinsip-prinsip Entrepreneurship dalam tindakan:
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan

Tata Kelola Perusahaan

Implementasi Tata Kelola Perusahaan di lingkungan Perseroan didasarkan pada empat prinsip dasar yang menjadi acuan bagi setiap langkah yang diambil oleh manajemen Perseroan atau pun karyawan di segala tingkat. Keempat prinsip dasar ini adalah:

TRANSPARANSI
Transparansi merupakan komitmen untuk memastikan tersedianya informasi penting yang dapat diakses oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Informasi ini bisa berupa posisi keuangan Perseroan, manajemen dan kepemilikan Perseroan. Semuanya harus tersedia secara akurat, jelas dan tepat waktu.

AKUNTABILITAS
Akuntabilitas menjamin adanya mekanisme, peran dan tanggung jawab sebuah manajemen profesional atas semua keputusan dan kebijakan yang diambil yang berdampak pada kegiatan-kegiatan operasional Perseroan.

TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah penjabaran yang jelas mengenai peran setiap orang dalam meraih sasaran bersama, termasuk kepastian bahwa semua regulasi dan semua norma sosial dipenuhi.

KELAYAKAN
Kelayakan menjamin bahwa setiap keputusan dan kebijakan yang diambil diselaraskan dengan kepentingan pihak-pihak terkait, termasuk para pelanggan, pemasok, pemegang saham, investor dan publik pada umumnya.

DEWAN KOMISARIS

Saat ini Dewan Komisaris Perseroan terdiri atas tiga anggota. Mereka adalah Presiden Komisaris, Wakil Presiden Komisaris dan seorang Komisaris yang sekaligus merangkap sebagai Komisaris Independen.

Komisaris Independen Perseroan berasal dari luar Perseroan, tidak memiliki saham baik langsung maupun tidak langsung dalam Perseroan. Dia tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, Komisaris lain, Direksi maupun Pemegang Saham Utama Perseroan, serta tidak memiliki hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.

Secara umum, Dewan Komisaris memiliki tugas:

  • Melakukan pengawasan atas kebijakan Dewan Direksi dalam menjalankan Perseroan dan memberi nasehat terhadap pelaksanaan tugas operasional Dewan Direksi;
  • Melakukan tugas tertentu sesuai dengan mandate Undang – Undang tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Anggaran Dasar Perseroan, dan/atau Rapat Umum Pemegang Saham;
  • Mengkaji dan menandatangani laporan tahunan Perseroan;

Menetapkan dan mengevaluasi Indikator Kinerja Utama dari Dewan Direksi Perseroan.

DEWAN DIREKSI

Saat ini Dewan Direksi Perseroan berjumlah empat orang, yaitu seorang Presiden Direktur dan tiga orang Direktur. Agus Honggo Widodo, Direktur, bertanggung jawab atas pengelolaan usaha Product Distribution, sementara Sjafril Effendi, Direktur, bertanggung jawab atas pengelolaan usaha System Integration dan Consulting dan Randy Kartadinata, Direktur, bertanggung jawab atas pengelolaan Keuangan Perseroan.

Ketiga Direktur tersebut melapor kepada Presiden Direktur. Di samping itu, Departemen Internal Audit dan Divisi Sumber Daya Manusia juga melapor kepada Presiden Direktur.

Tugas utama Dewan Direksi adalah:

  • Bertanggung jawab penuh dalam memimpin dan mengelola aset Perseroan;
  • Memimpin Perseroan untuk mencapai tujuan dan secara terus menerus meningkatkan efisiensi Perseroan;
  • Menyiapkan rencana pengembangan Perseroan, rencana strategi jangka panjang, anggaran tahunan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan usaha Perseroan;
  • Mengimplementasikan Tata Kelola Perseroan;
  • Mengimplementasikan sistem pengawasan internal yang efektif.

Dewan Komisaris

Saat ini Dewan Komisaris Perseroan terdiri atas tiga anggota. Mereka adalah Presiden Komisaris, Wakil Presiden Komisaris dan seorang Komisaris yang sekaligus merangkap sebagai Komisaris Independen.

Komisaris Independen Perseroan berasal dari luar Perseroan, tidak memiliki saham baik langsung maupun tidak langsung dalam Perseroan. Dia tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, Komisaris lain, Direksi maupun Pemegang Saham Utama Perseroan, serta tidak memiliki hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.

Secara umum, Dewan Komisaris memiliki tugas:

  • Melakukan pengawasan atas kebijakan Dewan Direksi dalam menjalankan Perseroan dan memberi nasehat terhadap pelaksanaan tugas operasional Dewan Direksi;
  • Melakukan tugas tertentu sesuai dengan mandate Undang – Undang tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Anggaran Dasar Perseroan, dan/atau Rapat Umum Pemegang Saham;
  • Mengkaji dan menandatangani laporan tahunan Perseroan;
  • Menetapkan dan mengevaluasi Indikator Kinerja Utama dari Dewan Direksi Perseroan.

Candra Ciputra, MBA

Presiden Komisaris

Memperoleh gelar MBA dari Golden Gate University, San Francisco, Amerika Serikat pada tahun 1998, memulai karir sebagai Manajer Pengembangan Bisnis Perusahaan pada PT. Ciputra Development dan dipromosikan menjadi Direktur pada tahun 1990. Selanjutnya duduk sebagai Direksi pada perusahaan-perusahaan dalam Kelompok Ciputra. Diangkat sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan pada tanggal 18 Juni 2003 dan sebagai Presiden Komisaris Perseroan sejak tanggal 15 Juni 2011 sampai sekarang.

Ben Aristarchus Widyatmodjo, MBA

Wakil Presiden Komisaris

Memperoleh gelar MBA dari Drexel University, Philadelphia, PA, Amerika Serikat, pada tahun 1996, memulai karir sebagai anggota staf direct marketing di PT. Asuransi CIGNA Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Direct Marketing Manager. Sempat berkarir di beberapa perusahaan perbankan dengan jabatan terakhir sebagai Direct Marketing Manager di The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, kemudian menjadi Direktur dan Komisaris di sejumlah perusahaan. Diangkat sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan sejak tanggal 15 Juni 2011 sampai sekarang.

Lulu Terianto, BCA, MM

Komisaris Independen

Memperoleh gelar Bachelor of Commerce & Administration dari Universitas Wellington, Selandia Baru, pada tahun 1986, kemudian memperoleh gelar Magister Management dari Universitas Pelita Harapan, Jakarta pada tahun 2002. Memulai karir di National Bank of New Zealand, Selandia Baru pada tahun 1984 dan sempat berkarir di berbagai perusahaan. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur dan Presiden Direktur dari Group harian Bisnis Indonesia, diantaranya pada perusahaan perusahaan PT Jurnalindo Aksara Grafika, PT Aksara Solopos, PT Aksara Grafika Pratama, PT Solo Grafika Utama, PT Radio Solo Audio Utama, PT Jaya Jurnalindo Utama, PT Aksara Dinamika Jogja, PT Radio Suara Istana, dan PT Radio Bisnis Indonesia Jakarta. Disamping itu, beliau juga menjabat sebagai Komite Audit di PT Metropolitan Kencana Tbk dan PT Metropolitan Land Tbk sejak tahun 2010 hingga sekarang. Diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan pada tanggal 20 Juni 2012.

Dewan Direksi

Saat ini Dewan Direksi Perseroan berjumlah empat orang, yaitu seorang Presiden Direktur dan tiga
orang Direktur. Agus Honggo Widodo, Direktur, bertanggung jawab atas pengelolaan usaha Product
Distribution, sementara Sjafril Effendi, Direktur, bertanggung jawab atas pengelolaan usaha System
Integration dan Consulting dan Randy Kartadinata, Direktur (Direktur Independen), bertanggung jawab atas pengelolaan
Keuangan Perseroan.

Ketiga Direktur tersebut melapor kepada Presiden Direktur. Di samping itu, Departemen Internal Audit
dan Divisi Sumber Daya Manusia juga melapor kepada Presiden Direktur.

Tugas utama Dewan Direksi adalah:

  • Bertanggung jawab penuh dalam memimpin dan mengelola aset Perseroan;
  • Memimpin Perseroan untuk mencapai tujuan dan secara terus menerus meningkatkan efisiensi Perseroan;
  • Menyiapkan rencana pengembangan Perseroan, rencana strategi jangka panjang, anggaran tahunan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan usaha Perseroan;
  • Mengimplementasikan Tata Kelola Perseroan;
  • Mengimplementasikan sistem pengawasan internal yang efektif.

Susanto Djaja, SE, MH

Presiden Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katholik Atma Jaya, Jakarta, pada tahun 1992, dan memperoleh gelar magister Hukum Bisnis dari Universitas Pelita Harapan, Jakarta, pada tahun 2005. Memulai karir di Bank Mizuho (sebelumnya bernama Dai-Ichi Kangyo Bank) pada tahun 1991 sebagai staf operasi, kemudian menimba pengalaman di Grup Tempo untuk mengisi jabatan Manajer Keuangan dan selanjutnya dipercaya menjadi Corporate Treasurer serta Manajer Kantor Cabang Jabodetabek. Dalam kesibukannya tetap meluangkan waktu menjadi dosen Manajemen Keuangan di Fakultas Ekonomi Univesitas Katholik Atma Jaya, Jakarta pada tahun 1991-2000. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 1997 sebagai Cash Flow Manager, Treasury Manager dan dipromosikan sebagai Treasury Division Manager kemudian menjadi Sekretaris Perusahaan. Diangkat sebagai Direktur Perseroan pada tahun 2007 dan ditunjuk sebagai Presiden Direktur Perseroan sejak tanggal 26 Mei 2010 sampai sekarang.

Ir. Agus Honggo Widodo

Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Elektronika Arus Lemah dari Universitas Trisakti, Jakarta pada tahun 1985, mengawali karir di Perseroan pada tahun 1986, kemudian dipromosikan menjadi Division Manager pada tahun 1995 dan menjadi Direktur entitas anak, PT. Synnex Metrodata Indonesia (d/h PT. Metrodata E Bisnis) sejak tanggal 1 Mei 2000. Diangkat sebagai Direktur Perseroan sejak tanggal 26 Juni 2000 sampai sekarang.

Ir. Sjafril Effendi

Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Elektronika Arus Lemah dari Universitas Trisakti, Jakarta pada tahun 1985. Pada tahun yang sama langsung bergabung dengan Perseroan sebagai DP Trainee, kemudian dipromosikan menjadi Division Manager pada tahun 1996 dan menjadi Presiden Direktur entitas anak PT. Mitra Integrasi Informatika pada tahun 2004. Pada tahun 2010 ditunjuk sebagai  Regional Managing Director entitas anak PT. Soltius Indonesia dan tahun 2011 ditunjuk kembali untuk memimpin entitas anak PT. Mitra Integrasi Informatika. Diangkat sebagai Direktur Perseroan sejak tanggal 26 Juni 2000 sampai sekarang.

Randy Kartadinata, SE

Direktur (Direktur Independen)

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tarumanagara, Jakarta pada tahun 1992. Memulai karir di Kantor Akuntan Publik Internasional (Siddharta Siddharta and Harsono / Coopers and Lybrand) pada tahun 1992 sebagai Senior Auditor. Pernah menimba pengalaman di perusahaan konsultan keuangan internasional PricewaterhouseCoopers dan KPMG. Selanjutnya berturut-turut berkarir di kelompok perusahaan Lippo, Murdaya, Salim dan Ciputra dalam berbagai jabatan sebagai Senior Management dan Direktur. Diangkat sebagai Direktur Keuangan Perseroan sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan sejak tanggal 1 Oktober 2010 sampai sekarang.

 KOMITE AUDIT

Komite Audit Perseroan dibentuk berdasarkan Peraturan Bapepam Nomor IX.I.5 dan saat ini berjumlah tiga orang, yaitu:

Lulu Terianto
Ketua Komite Audit merangkap Komisaris Independen

Memperoleh gelar Bachelor of Commerce & Administration dari Victoria University of–Wellington, Selandia Baru, pada tahun 1986, kemudian memperoleh gelar Magister Management dari Universitas Pelita Harapan, Jakarta pada tahun 2002. Memulai karir di National Bank of New Zealand, Selandia Baru pada tahun 1984 dan sempat berkarir di berbagai perusahaan di Selandia Baru. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur dan Presiden Direktur dari Group harian Bisnis Indonesia, diantaranya pada perusahaan PT Jurnalindo Aksara Grafika, PT Aksara Solopos, PT Aksara Grafika Pratama, PT Solo Grafika Utama, PT Radio Solo Audio Utama, PT Jaya Jurnalindo Utama danPT Aksara Dinamika Jogja. Di samping itu, beliau juga menjabat sebagai Komite Audit di PT Metropolitan Kentjana Tbk dan PT Metropolitan Land Tbk sejak tahun 2010 hingga sekarang. Diangkat sebagai Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit Perseroan sejak tanggal 20 Juni 2012 sampai sekarang.

Aria Kanaka
Anggota Komite Audit

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 1997 dan Magister Akuntansi dari Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 2010 serta memperoleh gelar CPA dari Ikatan Akuntan Indonesia pada tahun 2003. Dalam kesibukannya tetap meluangkan waktu menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta sejak tahun 2000 sampai sekarang. Memulai karir sebagai Auditor pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Prasetio Utomo & Co dari Januari 1997 sampai dengan Desember 2002. Selanjutnya beliau bekerja di berbagai KAP dan sejak November 2012 sampai sekarang menjadi Rekan di KAP Gideon Ikhwan Sofwan.
Selvia Wanri
Anggota Komite Audit

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tarumanagara, Jakarta pada tahun 2003. Memulai karir di KAP Siddharta Siddharta & Widjaja (KPMG International) dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2007 dengan posisi terakhir Supervisor Auditor. Beliau bergabung dengan PricewaterhouseCoopers sebagai Internal Audit Manager sejak tahun 2008 sampai dengan 2011. Selanjutnya beliau bekerja sebagai konsultan keuangan pada perusahaan swasta sejak 2012 sampai sekarang.

Komite Audit juga senantiasa berkoordinasi dengan Internal Audit Perseroan guna mengoptimalkan fungsi pengawasan.

FAKTOR-FAKTOR RESIKO

Perseroan memandang bahwa penerapan manajemen risiko dalam menjalankan bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pencapaian target kinerja Perseroan yang telah dicanangkan dan penerapan Tata Kelola Perusahaan secara menyeluruh.

Kualitas penerapan manajemen risiko yang efektif menjadi hal yang penting bagi Perseroan dalam menghadapi risiko usaha yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Perseroan telah melakukan identifikasi risiko berdasarkan bobot dampak risiko terhadap kegiatan usaha dan keuangan Perseroan sehingga dapat tercapai proses operasional yang efektif, efisien dan dapat diandalkan untuk mendukung strategi Perseroan serta terwujudnya Tata Kelola Perusahaan.

Berikut ini daftar risiko usaha yang dihadapi oleh Perseroan dalam melaksanakan kegiatan usahanya:

Risiko Persaingan Usaha
Dalam bidang usaha distribusi produk dan jasa TIK, Perseroan dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat dengan bertambahnya pemain baru dan masingmasing pemain berusaha mempertahankan dan memperluas pangsa pasarnya. Seandainya Perseroan gagal dalam memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pelayanannya kepada para pelanggan, kemampuannya dalam menghasilkan pendapatan atau laba akan menurun.

Risiko Terbatasnya Sumber Daya Manusia di Bidang TIK di Indonesia
Dalam merealisasikan rencana pengembangan usaha di bidang TIK, Perseroan mengandalkan pertumbuhan usahanya pada sumber daya manusia, yaitu keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh para eksekutif dan tenaga ahli yang bekerja pada Perseroan. Apabila Perseroan tidak dapat mempertahankan eksekutif dan tenaga ahlinya, maka hal ini dapat mengakibatkan turnover karyawan yang tinggi.

Selanjutnya, jika Perseroan gagal untuk merekrut penggantinya, maka hal ini akan mempengaruhi kinerja Perseroan sehingga dapat mengurangi pendapatan Perseroan.

 Risiko Kompetisi dengan Sebagian Pelanggan
Sebagian besar penjualan perangkat keras Perseroan dilakukan melalui para reseller. Strategi Perseroan adalah memberikan akses pada para pembeli korporasi untuk melakukan transaksi pembelian langsung dengan Perseroan. Strategi ini menciptakan kompetisi bagi para reseller-nya, yang sebenarnya merupakan pelanggan Perseroan sekaligus penjual pada pasar korporasi bagi produk-produk yang dijualnya. Strategi ini dapat memengaruhi hubungan dagang Perseroan dengan para reseller, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kinerja Perseroan dan mengurangi pendapatan Perseroan.

Risiko Perubahan Nilai Tukar Mata Uang Asing
Sebagian besar produk dan jasa TIK yang ditawarkan Perseroan merupakan produk-produk yang berasal dari prinsipal di luar negeri yang nilainya terkait dengan kurs valuta asing. Di samping itu, sebagian besar pinjaman Perseroan adalah dalam valuta asing. Sehubungan dengan hal ini, apabila terjadi fluktuasi yang tajam pada nilai tukar mata uang asing terhadap Rupiah, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang signifikan pada pendapatan dan kondisi keuangan Perseroan.

Risiko Perekonomian dan Sosial Politik
Risiko perekonomian dan sosial politik timbul karena perubahan-perubahan dalam kebijakan-kebijakan fiscal dan moneter, perubahan politik dan kondisi sosial. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kegiatan usaha Perseroan karena pendapatan Perseroan dipengaruhi oleh pendapatan per kapita secara keseluruhan. Mengingat produk dan jasa solusi TIK merupakan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan sekunder, penurunan pendapatan per kapita masyarakat akan berdampak langsung padadaya beli terhadap produk Perseroan, sehingga pada akhirnya dapat mengurangi pendapatan Perseroan.

Struktur Perusahaan

Berikut adalah struktur kepemilikan Perseroan dalam Entitas Anak dan Asosiasi:

 

Corporate Structure 2012 for Annual Report
   

PERKEMBANGAN

Sejalan dengan perkembangan bisnis, METRODATA melakukan terobosan melalui pendirian anak usaha maupun usaha patungan. Secara garis besar, kegiatan Perseroan kini dibagi menjadi 6 unit bisnis utama yakni:

  1. Bisnis Distribusi (PT. Synnex Metrodata Indonesia) yang menangani bidang usaha distribusi Teknologi Informasi Komunikasi.
  2. Bisnis Solusi (PT. Mitra Integrasi Informatika) yang menyediakan solusi lengkap mulai dari disain dan blue print, konsultasi, implementasi, dukungan, pemeliharaan, managed services dan pelatihan.
  3. Bisnis Konsultasi (PT. Soltius Indonesia) yang menawarkan keahlian dalam bidang solusi transformasi bisnis dan jasa konsultasi.
  4. Bisnis Retail (PT. My Icon Technology) yang menyediakan produk-produk TIK secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.
  5. Bisnis Network (PT. Logicalis Metrodata Indonesia) yang menawarkan jasa dan solusi jaringan.
  6. Bisnis Layanan Telekomunikasi (PT. Xerindo Technologi) yang menyediakan jasa perencanaan radio, instalasi, pengujian/commisioning, perawatan.

Penghargaan

METRODATA telah menerima berbagai penghargaan atas prestasinya di bidang penjualan produk dan solusi.

  • 2011, Urutan ke 85 dari Fortune100 Indonesia. Urutan ke 19 dari 23 perusahaan sektor Industri Perdagangan dan Jasa
  • 2010, The Most Powerful Companies per sektor industri perdagangan, jasa dan investasi serta komputer dan sektor jasa, Majalah Warta Ekonomi
  • 2009, Urutan 1 di Sektor Elektronika dan urutan 11 dari seluruh Emiten, Majalah Investor
  • 2008, The Best Listed Companies 2008 – Emiten dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika, Majalah Investor
  • Best ESS Reseller (In Recognition of Excellent Performance in ESS Business)
  • Autodesk ASEAN The Highest Billing Growth Award
  • Asia Pacific Velocity Partner of the Year FY14
  • Exemplary Performance in Provision of Citrix Application Delivery Solution, 2009
  • XenDesktop Partner of the Year – 2011
  • Renewal Partner of the Year – 2011
  • APJC Partner of the Year 2014
  • Cisco Winner’s Circle (Agus Wahyudi Bintoro), 2013
  • The Best System Engineer Premier Partner FY12
  • Top 1 Power Reward Premier Partner FY09
  • Best Services Distributor 2009
  • The Best Premier Partner 2009
  • The Best System Engineer Premier Partner FY09
  •  FY 14 Most Valuable Partner Award, Commercial Segment
  • Best ESG FY 2008-2009
  • Best Partner Sales Representative 2009
  • Best Velocity Affiliate Partner 2009
  • Best Parter of Next Generation VNX Series (The first reseller who sold VNX Series in Indonesia)
  • Best Distributor of the Year, for Fiscal Year 2013
  • Asia Product Manager of the Year to Johan Budojo (Distribution Business), for Fiscal Year 2013
  • F5 Authorized Silver UNITY Partner – FY2013
  • Best HP BCS (Business Critical Systems) Distributor 2013
  • Best HP PPS Distributor 2013
  • Best HP Proliant Overall Sell-thru Distributor 2013
  • Best Storage PLB (Partner Led Business) Growth% Distributor 2013
  • Best Penetration Rate Attach FY13 TS Indonesia
  • Recognition of HP Printing & Computing Services Specialization 2013
  • HP Enterprise Partner Achievement Award 2012
  • The Best Growth of HP Technology Services (TS) FY12
  • The Best HP Corporate Reseller FY12
  • Most HP ProLiant Gen8 Category Distributor
  • 2H11 Best Corporate Reseller
  • 2H11 Best ISS Virtualization Solution Partner
  • 2010 HP Top Performing Partner – Industry Standard Servers
  • FY09 Best Value Corporate Reseller
  • FY09 Best Distributor Personal Systems Group – Commercial
  •  2010 Excellent Achiever Lotus IBM Software Group Value Partner
  • 2010 Outstanding Grwoth Partner IBM Systems & Technology Group
  • 2010 100% Achievers for IBM System and Technology Group Distributor
  • Lotus Business Partner of the Year 2010
  • Lotus Business Partner of the Year 2011
  • IBM Software Appliance-Guardium Rookie Award 2011
  • IBM Business Partner of the Year – Small Deals Contribution Category, 2012
  • Rookie of The Year for 1H2013
  • Top 20 Contributors for 1H2013
  • IBM Software Group – Indonesia, Top Performer 2013, IBM Rational
  • Best Lenovo REL Distributor of The Year FY 11/12
  • 2014 Country Partner of the Year
  • FY14 Licensing Solution Partner of The Year Microsoft Indonesia
  • FY14 Cloud Partner of The Year Microsoft Indonesia
  • Indonesia Partner of The Year 2014
  • Microsoft Best SMB Business Growth FY12 Q3
  • Dynamics Hero FY09: Best Dynamics CRM Revenue
  • Gold Partner of the Year on FY 2011 NetApp
  • Best Rookie of the Year on FY 2011 NetApp
  • Distributor of The Year FY12
  • Best Gold Partner FY12
  • Partner of The Year 2013
  • Distributor of The Year 2013
  • Partner of The Year Oracle Business Accelerator (2009)
  • Zenith Award 2009 – Applications Mid Market Accelerate Partner of The Year (AP)
  • Value Added Distributor Partner of the Year FY10-Significant Contribution to Technology Commercial Business
  • Technology Partner of the Year FY10.
  • Technology Commercial Business – Individual Sales Excellence FY10.
  • Accelerate Partner of the Year FY10.
  • Business Performance Solution Partner of the Year FY10.
  • Applications Business – Individual Sales Excellence FY10.
  • Partner of the Year FY11 – Commercial.
  • Partner of the Year FY11 Applications (Net New Business).
  • Value Added Distributor of the Year FY11 – Commercial
  • Application Partner of the Year, 2012
  • Partner of the Year 2012 – Value Added Distributor
  • Oracle University, Partner of the Year – Excellent Achievement FY2013
  • Specialized Partner of The Year Regional SI – ASEAN, Oracle Excellent Award 2013
  • Top Remarketer Value Added Distributor FY13
  • Top Commercial Applications Partner FY13
  • Top Technology Partner FY13
  • Top Commercial Oracle Fusion Middleware Partner FY13
  • Best of the Best Individual Award, 2009
  • Best Pre-Sales Consultant, 2009
  • Best Support Services Engineer, 2009
  • Best Sector Performance Cross Industry, 2009
  • Best Sun Partner Advantage, 2009
  • Best Sector Performance Telco, 2009
  • Best of the Best company, 2009
  • The Best Channel Partner in Number of Deals for SAP Indonesia in 2009
  • The Best Channel Partner in Revenue Contribution for SAP Indonesia in 2009
  • Partner Impact Award – Highest Growth Partner of the Year SAP Business-APJ 2011
  • Business One Top Contributor – New Name 2011
  • Business One Top Contributor – Revenue 2011
  • All in One Best Marketing 2011
  • All in One Top Contributor – New Name 2011
  • All in One Top Contributor – Revenue 2011
  • Best Partner Marketing, Indonesia, 2012
  • Top New Names Contributor, SAP Business All-in-One, 2012
  • Top Revenue Contributor, SAP Business All-in-One, 2012
  • Top Reseller Partner of 2013
  • Marketing Partner of 2013
  • B1 Partner of 2013
  • 2014 Best Partner of the Year
  •  Top Enterprise Partner, 2013
  • Top Opportunity Registration Partner, 2013
  • Top Product Manager (Angelia Leopard), 2013
  • Top Revenue Contributor, 2013
  • Highest Growth Performance in Volume Pruduct Distribution
  • Best Enterprise Partner For Security Product 2012
  • Top Opportunity Registration Partners 2012
  • Highest Growth Performance in Volume Product Distribution 2012
  • Symantec Partner Engage 2011- Best Performing Partner of The Year
  • 2014 Top Partner of the Year
  • Trend Micro Platinum Partner
  • VMware Best Partner Contributor – for category SMB market 2014
  • Personal award for Andy Kustanto – Best Sales Representative 2014
  • The Best VMware Emerging Partner of the FY12, Asia Pacific Japan
  • Emerging Market Partner of the Year, Asia Pacific – 2012
  • Solution Provider of the Year, Indonesia – 2012

Sumber:

http://www.metrodata.co.id

1 Response to "Dream do come true?"

Bagaimana pak, blog saya? Penilaian tugas softskilnya? Mohon kritik dan sarannya pak? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

facebook

Masukkan user kamu

Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

Link Gunadarma

info penginapan wilayah Jakarta

Music R&B

Alexa Certified Traffic Ranking for https://10menit.wordpress.com/

Status

  • 286,143 hits

Tag

Desember 2016
S M S S R K J
« Okt    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Commentar

Finsa di Kost Kostan
%d blogger menyukai ini: