10menit

BI Tanggapi Hasil Rapat Paripurna Bank Century

JAKARTA – Berakhirnya masa kerja panitia khusus (Pansus) Bank Century yang kesimpulan dan rekomendasinya telah diputuskan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bank Indonesia (BI) menyebut hal tersebut adalah proses politik yang berjalan adil.

“Kesimpulan dan rekomendasinya telah diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI, kami memahami bahwa hal tersebut merupakan hasil dari sebuah proses politik. Dalam kaitan ini, BI meyakini bahwa proses selanjutnya akan berjalan seadil-adilnya dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah,” ungkap Direktuir Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Dyah NK Makhijani, dalam keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta, Kamis (4/3/2010).

Selama ini, jelasnya, BI sangat koperatif baik pada saat audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun penyidikan oleh pansus Hal Angket DPR, di mana seluruh data-data dan informasi terkait Bank Century telah diberikan secara lengkap sesuai permintaan.

“BI memahami pandangan akhir fraksi-fraksi dalam Rapat Paripurna DPR-RI, namun menyesalkan bahwa sebagian besar pandangan fraksi-fraksi tersebut mengabaikan fakta dimensi krisis yang menjadi dasar kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia saat itu,” ungkapnya.

BI meyakini bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil dalam menangani Bank Century sampai dengan penyelamatannya dilaksanakan dengan memperhatikan kepentingan nasional yang lebih besar, dilaksanakan dengan itikad baik dan telah didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan profesional yang terbaik pada saat keputusan itu diambil, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah hukum yang berlaku.

BI meyakini bahwa serangkaian kebijakan yang diambil bersama Pemerintah termasuk keputusan untuk menyelamatkan Bank Century telah berhasil mencegah perekonomian nasional masuk ke krisis yang lebih dalam, sehingga Indonesia menjadi sedikit negara saja disamping India dan China yang masih bisa tumbuh positif di saat krisis.

Terkait dengan adanya dugaan bahwa proses penyelamatan Bank Century telah merugikan keuangan negara kami berpendapat bahwa Pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century adalah sesuai dengan kewenangan Bank Indonesia dan telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku, serta telah pula dilunasi oleh Bank Century.

Penyaluran dana LPS melalui Penanaman Modal Sementara (PMS) di Bank Century berpotensi untuk dikembalikan. Sesuai amanat UU dalam jangka waktu 3 tahun sd 5 tahun, LPS akan menjual Bank tersebut kepada investor. “Dengan demikian, kualitas pengelolaan dan dukungan semua pihak untuk menjaga kelangsungan operasional bank tersebut akan sangat menentukan besarnya nilai jual bank tersebut nantinya,” ujarnya.

Selain itu, pengawasan terhadap perbankan yang dilakukan BI selama ini telah berhasil membuat industri perbankan secara keseluruhan tetap solid dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Dengan demikian adanya kasus Bank Century tidaklah menggambarkan lemahnya kualitas pengawasan terhadap industri perbankan secara keseluruhan.

Sebagai pelajaran dari krisis keuangan global yang terjadi dan bentuk tindak lanjut ke depan, maka kami telah dan akan terus melakukan langkah-langkah sebagai berikut, pertama BI semakin mempercepat perbaikan dan peningkatan kualitas pengawasan bank, baik dari sisi sistem pengawasan perbankan dan SDM-nya.

Kedua, BI selalu dan secara berkelanjutan memperhatikan tindak pidana fraud di perbankan, dan akan tetap secara konsisten bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk terus mengawal dan menjaga efektivitas dan efisiensi di dunia perbankan.

Selanjutnya, dalam suasana tantangan pelaksanaan tugas BI yang semakin kompleks ini, seluruh pegawai BI tetap berkomitmen untuk bekerja secara profesional untuk kepentingan perekonomian nasional.

Sumber : Okezone.com

1 Response to "BI Tanggapi Hasil Rapat Paripurna Bank Century"

Memang Kasus Century sampai sekarang ga beres-beres. Gimana ini pemerintah????? kacauu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

facebook

Masukkan user kamu

Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

Link Gunadarma

info penginapan wilayah Jakarta

Music R&B

Alexa Certified Traffic Ranking for https://10menit.wordpress.com/

Status

  • 286,143 hits

Tag

Desember 2016
S M S S R K J
« Okt    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Commentar

Finsa di Kost Kostan
%d blogger menyukai ini: